Oleh: awaludinfajari | Juli 9, 2012

Faham Tribalisme

Pelaksanaan Otonomi daerah yang dilakukan di daerah-daerah di seluruh Indonesia akan melahirkan suatu perasaan kelompok masyarakat yang diikat oleh satu kepemilikan bahasa, kebudayaan, agama, adat istiadat dan teritorial menimbulkan semangat kekitaan pada warganya. Semangat ini sekaligus menumbuhkan sikap yang seragam dalam berhadapan dengan orang luar. Anggota masyarakat itu dengan mudah mengidentifikasi kelompok sendiri dan kelompok orang luar. Maka ada kecenderungan kuat memandang orang luar sebagai ancaman terhadap eksistensi dan kepentingan kelompok sendiri.

Faham semacam itu termasuk tribalisme yang menampilkan masyarakat dalam kelompok-kelompok yang diikat oleh semangat kesatuan yang kuat sampai pada semangat kesatuan dalam organisasi politik yang bermuatan solidaritas kebersamaan menghadapi orang luar. Bahkan spiritualitas tribalisme dalam skala yang lebih besar dapat berupa negara kebangsaan. Warga masyarakat itu memiliki semangat persatuan yang hakiki sebagai warga tribe, suku, atau negara. Warga kelompok itu memperlihatkan perilaku saling memiliki dan saling menolong. Tetapi perlu diingat bahwa tribalisme dapat juga mengesampingkan semangat nasionalisme (Tribalism may replace nationalism), karena semangat tribal yang menggebu-gebu.

Terbukti,ketika pelaksanaan kebijaksanaan otonomi daerah ini direalitaskan sudah berapa banyak provinsi yang ada di Indonesia ini mempunyai niatan untuk memerdekakan diri dan membuat Negara sendiri,ini disebabkan faham tribalisme yang sudah mengakar,perpecahan pun terjadi dan mengancam akan semboyan bangsa Indonesia yaitu bhineka tunggal ika.

Terus apa yang harus dilakukan untuk membendung faham tribalisme ini? Tidak ada cara lain,sifat kerja sama dan tenggang rasa lah yang harus di junjung tiap daerah dan perhatian khusus pemerintah akan pelaksanaan otonomi daerah ini,terutama pada daerah yang minim akan sumber daya alam dan manusianya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: