Oleh: awaludinfajari | Juli 5, 2012

Komentar seorang awam

Aku bukan seorang yang ahli dalam agama, aku hanya seseorang yang pernah ikut nyantri di pesantren yang memegang tradisi salaf, sebuah metode yang di kembangkan oleh wali sanga dalam menyebarkan ajaran islam di tanah jawa.

Fenomena ormas islam di indonesia, sudah menjadi rahasia publik. Saling kritik dan salah menyalahkan antar sesama ormas sudah menjadi santapan masyarakat kita sehari-sehari, belum lagi ada isu kekerasan dalam memaksakan kehendak pada umat islam lainnya menjadi sebuah isu sosial yang bisa mengancam kehidupan beragama yang rukun.

Perbedaan dalam menafsirkan al quran dan melaksanakan ibadah menjadi pemicu umat islam untuk berpecah belah, padahal seharusnya perbedaan itu menjadikan kita semakin kuat dan kompak dalam syiar islam di negeri ini. Karena perbedaan itu merupakan sebuah hikmah bagi kaum muslimin, menjadi sebuah keberagaman yang patut kita syukuri dan kita terima bersama. Selama perbedaan itu tidak menyangkut dengan aqidah islamiyah, kenapa harus di perdebatkan dan dipermasalahkan?….ingat akan kudrat kita sebagai manusia, seluruh manusia diciptakan dengan perbedaan, walaupun dia terlahir kembar pasti Allah memberikan sedikit perbedaan padanya, jadi apa masalah kita akan perbedaan itu?

Cobalah untuk hidup bertoleransi akan sesama, setiap manusia mempunyai alasan tersendiri untuk berbeda, dan berani mempertanggungjawabkan segalanya. Jangan pernah kita mempermasalahkannya jika masih dalam batas-batas yang diwajarkan, karena itu akan menjatuhkan harga diri kita sebagai seoarang manusia dan menandakan bahwa kita seseorang yang sombong karena merasa paling pintar, benar dan pailng suci cobalah untuk mengenengahkan persamaan daripada perbedaan, tarik garis tengahnya supaya kedua sisi dapat tersambung dan bisa berbaur itu menandakan kehidupan masyarakat kita yang hidup rukun, aman dan kondusif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: