Oleh: awaludinfajari | Januari 30, 2012

Ketidakberdayaan Iskandar di Hadapan Orang-orang Bijak

Suatu ketika Iskandar sampai ke wilayah orang-orang bijak di tempat yang agung. Beliau melihat masyarakatnya mengenakan pakaian terbuat dari daun-daun pohon. Rumah-rumah mereka dari batu-batu keras. Iskandar bertanya kepada mereka beberapa masalah hikmah. Mereka menjawabnya dengan jawaban terbaik dan perkataan lembut. Iskandar berkata kepada mereka “Mintalah sesuatu yang akan ku kabulkan” Mereka berkata “Kami mohon keabadian di dunia”. Dia berkata, “Aku tidak dapat melakukannya buat diriku sendiri. Bagaimana mungkin dapat member kalian keabadian?”

Orang-orang tua dari mereka berkata,”Kami meminta kesehatan badan sepanjang sisa usia kami”Iskandar menjawab,”Itu juga tak dapat kulakukan”, Mereka berkata,”Beritahu sisa umur kami?”Dia menjawab,”Aku tidak mengetahui ruhku sendiri, apalagi ruh kalian”. “Maka pergilah, kami akan meminta kepada Zat yang mampu untuk melakukannya. Bahkan terhadap yang lebih dahsyat dari semua itu”.

Orang-orang melihat banyaknya tentara dan besarnya arak-arakan Raja Iskandar. Tetapi di tengah-tengah mereka ada seorang syaikh miskin yang tidak mengangkat kepalanya. Iskandar bertanya,”Mengapa engkau tidak melihat apa-apa yang dilihat orang-orang.” Syaikh itu berkata,”Aku tidak terpesona oleh raja yang kulihat sebelummu, mengapa aku harus melihatmu dab kerajaanmu”. Iskandar bertanya, “Mengapa ?” orang itu berkata,”kami punya seorang raja dan seorang miskin. Kemudian keduanya meninggal dunia pada hari yang sama. Aku tidak melihat melihat keduanya. Beberapa waktu kemudian aku menandatangi kuburan keduanya dan sangat ingin mengenali raja dan orang miskin itu, namun aku tidak berhasil untuk membedakan antara keduanya”Iskandar meninggalkannya dan berlalu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: